Tugas-Tugas Perkembangan Masa Remaja

* Teori mengenai tugas-tugas perkembangan (Havighurst) → perjalanan hidup seseorang ditandai oleh adanya tugas-tugas yang harus dapat dipenuhi.
*Hubungan tugas-tugas perkembangan dengan pendidikan → teachable moments → tugas-tugas perkembangan seharusnya menjadi pertimbangan dalam perencanaan, pembuatan & target materi pendidikan , shg mempermudah individu menyelesaikan tugas perkembangananya dengan baik .
* Hubungan tugas-tugas perkembangan dengan konsep diri → tugas perkembangan yang dapat diseleseaikan dengan baik akan mengembangkan konsep diri yang positif pada individu, demikian pula sebaliknya.
* Tugas-tugas perkembangan dipengaruhi budaya→ Harapan & tuntutan budaya yang berbeda menjadi faktor yang mempengaruhi perbedaan materi beberapa tugas-tugas perkembangan pada budaya yang berlainan.
* Tugas-tugas perkembangan masa remaja
1. Menerima keadaan jasmaniah
2. Menerima peran jenis persiapan perkawinan dan mempunyai keluarga
3. Belajar lepas dari orang tua secara emosional → Mondig / emansipasi → proses mencari identitas → Originalitas remaja
4. Belajar bergaul dgn kelompok remaja laki-laki/perempuan
5. Belajar bertanggung jwb sbg warga negara
6. Menginginkan & mencapai tingkah laku yg bertanggung jwb social
7. Perkembangan skala nilai secara sadar , perkembangan gambaran dunia secara adekuat
8. Persiapan diri secara ekonomis, pemilihan dan latihan jabatan
PERKEMBANGAN EMOSI
* Emosi dasar ( primary emotion ) manusia, juga terdapat pd primata (Hurlock): marah, senang dan takut → dapat diintervensi dengan medical treatment → Dasarnya ada pada unsure biopsychological shg dpt diukur melalui gejala2 biologis
* Tidak semua semua perilaku didorong oleh emosi, tp emosi mendorong individu untuk melakukan perilaku yang emosional; mis; emosi marah memunculkan perilaku memukul.
* Emosi muncul karena adanya interaksi antara individu dengan lingkungan
( lingkungan internal dan lingkungan eksternal).
* Indv. dgn coping yang baik adalah indv. yang mampu mengikutsertakan fungsi kognitif dalam emosinya, sehingga action yg muncul akan lebih berstrategi dan rasional (orchestrated action) → ada unsur strategi, tujuan, cara dalam menampilkan emosi , sehingga emosi diekspresikan secara cerdas →kecerdasan emosional* Emosi yang sering muncul pada remaja:
1. Khawatir → (terkandung emosi takut) disebabkan oleh imaginasinya sendiri yg berhub. dgn orang, barang atau situasi.

2. Cemas → muncul jika indv. khawatir terus-menerus. → dipengaruhi budaya setempat (social demands) → ekspresi ; interes yang berubah-ubah, tindakan yg tidak terkontrol, tidak puas dng dirinya sendiri maupun orang lain, apatis dll.
3. Jengkel → terkandung emosi marah dan perasaan yg tidak menyenangkan dirinya
4. Frustasi → muncul akibat kegagalan menyesuaikan diri dan tidak mampu memperoleh hasil yang diharapkan. → remaja menjadi lemah, tidak atraktif, tidak memiliki interes dan sulit mencapai prestasi.
5. Cemburu → merasa tidak aman atau takut kehilangan afeksi atau status yang dimilikinya.
6. Iri → Hampir sama dengan cemburu, tp lebih cenderung bersangkutan dengan materi
7. Rasa ingin tahu → berkaitan dgn masalah seksual agama, peristiwa dunia dll
8. Afeksi → berkaitan dgn rasa kasih sayang baik antar manusia, binatang atau barang yang disukai.
9. Duka cita → biasanya karena factor sosial
10. Bahagia
11. Dll

* Remaja akan merasa bahagia apabila :
1. Mampu menyesuaikan diri secara fisik
2. Perasaan superior → keberhasilan > bangga, superior
3. Memiliki emosi yang meledak-ledak
4. Persepsi yang positif dalam menghadapi situasi

* Frustasi mengakibatkan berbagai bentuk reaksi frustasi, baik yang bersifat positif ataupun negatif.
* Reaksi frustasi yg positif:
1. Mobilisasi dan penambahan kegiatan → memperbesar energi, usaha, sarana, segala kapasitas dan potensi, segala kemampuan pribadi & keuletan untk mencari jalan keluar dari kesulitan.
2. Berfikir secara mendalam disertai wawasan yg jernih
3. Resignation → tawakkal dan pasrah pada Ilahi
4. Kompensasi / Substitusi dari tujuan.

  • Kompensasi→ usaha menggantikan atau mengimbangi sesuatu yg dianggap lemah.
  • Kompensasi →proses mereaksi terhadap perasaan-perasaan inferior (Adler

5. Sublimasi : usaha untk mensubstitusikan/ mengganti kecenderungan2 yg egoistis, nafsu seks yg animalistiis, dorongan2 biologis yg primitif, aspirasi2 sosial yg tidak sehat menjadi tingkah laku yg dpt diterima secara social

* Reaksi frustasi yg negatif / Defence Mechanism :
1. Agresi ; sebarang reaksi thdp frustasi berupa serangan, tingkah laku bermusuhan trhdp or-la atau benda (J.C Chaplin )
2. Regresi ; perilaku yg kembali pd pola reaksi/ tingkat perkembangan yg primitif, yg tidak adekuat, kekanak-kanakan, infantile dan tidak sesuai dgn usianya . Mis; ngompol
3. Fiksasi; pelekatan & pembatasan pd satu pola tingkah laku responsive yg tetap, shg menjdi stereotip kaku. Mis; tics (gerakan2 facial yg stereotip, membisu, membentur2kan kepala, dll
4. Kompleks terdesak ; usaha menghilangkan & menekan isi-isi kejiwaan yg tdk menyenangkan kedalam ketidaksadaran.
5. Rasionalisasi/ self justification; teknik pembenaran kelakukan sendiri dgn mengemukakan alas an yg masuk akal/ bias diterima secara social untk menggantikan alasan yg sesungguhnya (J.P. Chaplin).
6. Proyeksi : Memproyeksikan sifat, pikiran, harapan yg negatif, jg kelemahan dan sikap yg salah kepada or-la.
7. Sour Crape Technique (Teknik anggur asam); memberi atribut yg jelek, tidak berharga pd obyek yg tidak bisa dicapainya meskipun obyek tsb sangat diinginkannya.
8. Sweet Orange Technique (Teknik jeruk manis); memberikan atribut yg baik, unggul berlebih-lebihan pd satu kegagalan & kekurangan sendiri.
9. Identifikasi : mempersamakan diri sendiri dgn seseorang yg dianggap sukses dlm hidupnya.

* Semua bentuk reaksi frustasi yg negatif / defence mechanism sifatnya merugikan dan sangat tidak sehat.

* Defence mechanism negative yang dilakukan berkali-kali shg menjadi kebiasaan yg menetap mengakibatkan pengakumulasian permasalahan dlm diri individu → menjadi penyebab gangguan kepribadian/gangguan kejiwaan.
******

Jangan Lupa Komentarnya Yaa :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s